Luring pertama kali bersama Pak Angga

 

Pada pertemuan luring pertama kemarin (29/3 2023) kami membahas tentang Literature Review pada 3 jurnal yang telah diipilih sebelumnya. Apa itu Literature review? Literature review lebih dikenal dengan istilah tinjauan Pustaka. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa literature review adalah suatu kegiatan menganalisis yang dapat berupa kritikan dari suatu penelitian yang sedang dilakukan terhadap suatu topik khusus yang merupakan bagian dari bidang keilmuan. Literatur yang ditinjau Kembali kemarin adalah jurnal tentang semiotika (semiotika lagi semiotika lagi.. hadeh).

1.       Jurnal 1

Judul            : Semiotika Dalam Arsitektur

Objek           : Bangunan (bentuk arsitektur)

Metode       : menggunakan metode kualitatif

Analisis        : dalam dunia arsitektur bentuk bangunan tidak hanya semata – mata dibuat untuk meninggalkan kesan indah atau nyaman saja, namun desain pada bangunan tersebut juga harus mempunyai fungsi. Sebagaimana misal desain rumah sakit yang harus mempunyai jalur khusus untuk langsung masuk ke ruangan IGD/UGD. Akses tersebut harus mudah dilalui dan ditempatkan pada tempat khusus.

Kesimpulan : Semiotika tidak luput pula dalam dunia perarsitekan karena dalam dunia arsitek pun harus mempunyai tanda dan penanda yang jelas agar bangunan yang dibuat jelas tujuan dan fungsinya.

 

2.       Jurnal 2

Judul            : Kajian Semiotika Charles Sanders: Relasi Trikotomi dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal.

Objek           : Cerpen Karya Mashdar Zainal

Metode       : Deskriptif Kualitatif

Analisis        : Dalam cerpennya banyak sekali ditemui tanda atau/dan penanda yang merujuk kepada semiotika.

Kesimpulan : Dari kisah cerpen pun dapat ditemukan semiotika.

 

3.       Jurnal 3

Judul            : Bunkasai, Kajian Semiotika Budaya Kontemporer Dari Pengaruh Film Jepang.

Objek           : Festival Bunkasai

Metode       : Pendekatan Kualitatif

Analisis        : Film Jepang memberi pengaruh pada orang – orang yang menontonnya hingga mereka membentuk suatu komunitas dan membuat festival tersendiri. Dalam hal ini terbentuklah suatu budaya yang terpengaruh dari budaya lain yang baru atau bisa disebut budaya kontemporer.

Kesimpulan : Semiotika juga dapat ditemukan dalam pembentukan budaya baru.

 

 

Selain meninjau ulang jurnal yang telah dipilih, kami juga menganalisis objek desain disetikar atau objek apapun yang berkesan. Objek yang saya pilih adalah Mechanical Keyboard Fantech Maxfit 61. Objek tersebut adalah keyboard computer yang mempunyai kelebihan tersendiri. Dalam dunia tech entushias keyboard mekanikal memang sedang hangat – hangatnya. Keyboard yang dibuat dari merk Fantech ini mempunyai desain yang sangat fungsional. Dari dimensi yang compac dengan layout 60% (61 tombol) membuat keyboard ini tidak makan tempat dan desain yang minimalis menjadi nilai tambah untuk kerapihan meja computer kita.

Selain ukuran dan desain yang minimalis, keyboard ini menggunakan switch untuk setiap tombolnya. Swicth ini berfungsi untu menerima sinyal saat suatu tombol ditekan. Switch yang digunakan terasa smooth dan tidak berat menjadikan keyboard ini sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu setiap tombol pada keyboard ini sudah menggunakan fitur Anti Ghosting atau setiap tombol yang ditekan pasti akan terbaca dan tidak miss. Switch pada setiap tombol bisa diganti sesuai keinginan. Pada umumnya switch yang digunakan adalah switch berwarna merah yang mempunyai karater smooth dan tidak menghasilkan bunyi. Adapun switch berwarna biru yang mempunyai karakter Clicky atau setiap detekan tombol akan menghasilkan bunyi “klik” yang khas. Ada beberapa varian switch lain yang mempunyai karakter yang berbeda. Banyak varian switch dibuat untuk kenyamanan para penggunanya.

Selain switch terdapat Key Caps. Key caps adalah tombol yang langsung bersentuhan dengan jari. Key caps juga memiliki banyak varian dan warna untuk preferensi setiap penggunanya. Pada dasarnya keyboard mekanikal ini adalah evolusi dari keyboar konvensional sebelumnya karena mempunyai desain dan fungsi yang modern dan fleksibel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos Maxfit61?

Hubungan Semiotika dan Sepatu??

JURNAL PENGARUH KEYBOARD MECHANICAL TERHADAP PRODUKTIVITAS DALAM BEKERJA DENGAN PERSONAL COMPUTER